Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghitung masa subur wanita agar mudah mendapatkan anak bagi pasangan baru : info kesehatan

Cara menghitung masa subur wanita agar mudah mendapatkan anak bagi pasangan baru : info kesehatan - Setiap suami istri tentu ingin memiliki buah hati dari setiap pernikahan, untuk itu banyak sakali kiat – kiat yang dilakukan untuk memperoleh keturunan.

Secara pandangan medis modern masalah – masalah infertelitas atau gangguan kesuburan dapat terjadi kepada siapa saja, hal ini karna perubahan tingkah laku masyarakat sekarang yang teralu modern namun tidak menerapkan pola hidup sehat.

Sehingga kadang kala ada beberapa pasangan yang butuh kerja keras untuk mendapatkan si buah hati.

Teori dasar agar bisa mengalami proses pembuahan adalah dimana alar reproduksi pria dan wanita mengalami proses pertemuan dan terjadi proses pembuahan antara sperma laki – laki dengan sel telur perempuan yang SUBUR.


Cara menghitung masa subur wanita agar mudah mendapatkan anak bagi pasangan baru : info kesehatan
Cara menghitung masa subur wanita agar mudah mendapatkan anak bagi pasangan baru : info kesehatan

Nah, kadang kala walaupun pertemuam itu telah terjadi, tetapi bisa saja pembuahan tidak terjadi karan indung telur perempuan masih dalam fase belum subur secara utuh.

Dalam siklus haid/mestruasi wanita ada beberapa hari dimana setelah haid/mestrurasi terjadi masa – masa yang paling  subur untuk terjadi proses pembuhan.

Nah, bagaimana cara mengetahui waktu subur wanita yang benar? Dalam artikel kali ini kita akan menggali lebih rinci cara menghitung masa subur perempuan.  Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan beriku ini.
 

#Cara menghitung masa subur wanita yang benar

Kenapa proses pembuahan yang baik harus dilakukan pada masa subur?  Secara medis pertanyaan ini bisa dji jawab bahwa pertumbuhan sel telur wanita pada rahim hanya kisaran 24 sehingga dapat dipastikan setelah lewat masa subur maka sulit sekali terjadinya ovulasi.

Begitu juga dengan sel sperma laki-laki yang hanya bisa hidup dalam jangka 48 jam atau 2 hari saja dalam hari apabila tidak sel telur tidak mengalami proses kematangan maka sel sperma sulit sekali untuk melakukan pembuahan, dan jika lewat dari batas 2 hari maka sel sperma akan rusak.

Artikel terkait lainnya :  Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan gaya hidup bersih dan sehat

Alasan lain juga karna bisa saja kualitas sperma laki –laki yang sedikit sehingga hanya bisa di keluarkan pada masa subur saja untuk preses pembuhahan. Selain alasan – alasan diatas masih banyak lagi penyeyab kenapa lebih baik dilakukan X pada masa subur.

Oke kapan masa subur wanita terjadi? Secara hitung – hitungan mate-mateka dengan metode penanggalan, contoh perhitunganya sebagai berikut :
 
Contoh pertama :
  • Kasus pertama dengan cara menghitung awal anda mengalami mestruasi, misal tangal 1 agustus anda mengalami menstruasi. Maka prediksi tanggal suburnya adalah sekitar tanggal 14 agustus.
  • Maka anda bisa memanfaakan hubungan X pada tangal 1 hari sebelumnya dan 1 hari sesudahnya, yaitu 13 – 14 – 15 agustus.

Contoh kedua :
  • Hari pertama anda mengalami menstruasi terjadi  tanggal 5 juli, maka predeksi hari subur anda adalah tanggal 19
  • Maka sama sepeti contoh pertama, anda bisa melakukan hubungan X pada tanggal 1 – 19 -20 juli.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan, secara sederhananya hanya perlu dihitung dari awal mesntruasi hingga sampai pada hari ke 14. 

Masih berbicara mengenai masa subur wanita, ada beberapa kasus dimana perempuan mengalami masa menstruasi yang tidak stabil atau mengalami gangguan menstruasi? Lantas bagaimana menghitung dan mengetahui masa suburnya, sedangkan kadang – kadang masa mestruasi/masa haidnya tidak teratur?
 

#Cara menghitung masa subur wanita yang mengalami masa haid /menstruasi tidak teratur

Jika anda mengalami masalah datang bulan yang selalu telat atau berlebih atau mengalami masa haid yang tidak teratur, sehingga perhitungan dengan metode tanggal tidak bisa dilakkukan.  Lantas bagaimanakah cara mengetahui masa subur bagi yang bermasalah dengan masa menstruasinya? 

Secara hitung menghitung anda tidak mungkin bisa menerapkan metode penanggalan karna terkendala dengan jadwal yang tidak teratur, namun tenang saja masih ada beberapa metode untuk mengetahui masa subur wanita yaitu dengan metode lendir dan metode suhu tubuh, ulasannya sebagai berikut :
 
#Metode lendir
Metode lendir adalah metode yang menggunakan cairan lendir yang keluar pada V@gina perempuan pada masa subur.

Cara mengetahuinya dengan memasukkan sedikit saja ibu jari serta telunjuk anda  ke v@gi, setelah itu ada lendirnya, renggangkanlah secara perlahan antara ibu jari dan telunjuk. Jika keadaan lendirnya masih menyatu ketika direngangkan secara perlahan oleh kedua jari anda (ibu dan telunjuk)  berarti cairan lendir itu dalam keadaan kental yang dapat diartikan sebagai masa subur anda.
 
#metode suhu tubu
Metode suhu adalah metode dimana menggunakan kenaikan suhu tubuh ketika masa subur, secara medis wanita yang sedang subur akan mengalami kenaikan suhu tubuh dari 0,5 hingga 1 derajat.

Cara pengukurannya, siapakan termometer suhu tubuh, gunakan setiap hari setelah bagun pagi dan tinjau selalu suhu tubuh anda, apabila mengalami kenaikan seperti yang telah diuraikan diatas, bisa jadi predeksi hari itu adalah masa subur anda.

Nah, sekarang kamus sudah tahu bukan mengenai  Cara menghitung masa subur wanit agar mudah.

Catatan sedikit, perlu di ingat masa subur wanita harus setelah haid atua menstruasi bukan pada saat menstruasi jadipenggunaan metode suhu atau lendir tidak berlaku ketika fase haid atau menstruasi.

Banyak kiat – kiat yang dapat dilakukan untuk peluang memiliki anak , salah satunya dengan ML pada waktu subur.

Semoga artikel yang singkat ini dapa menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai rumus masa subur wanita, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara menghitung masa subur wanita agar mudah mendapatkan anak bagi pasangan baru : info kesehatan"