Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Imunisasi Aman? Info kesehatan anak dan balita

Apakah Imunisasi Aman? Info kesehatan anak dan balita - Mendengar kata imunisasi pasti akan dikaitkan dengan anak – anak atau balita.

Apa sih imunisasi itu? Imunisasi adalah investasi kesehatan masa depan dengan memberikan vaksinasi suatu wabah penyakit agar sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

Kenapa dikatakan investasi kesehatan? Seperti halnya uang yang perlu ditabung atau di simpan di bank, begitu juga kesehatan anak anda yang perlu di jaga sejak awal agar ketika remaja atau dewasa terhindari dari penyakit ata wabah yang sudah sangat pepuler.

Secara sederhanya imunisasi sangat berkaitan dengan slogan “mencegah lebih baik dari pada mengobati”

Apakah Imunisasi Aman? Info kesehatan anak dan balita
Apakah Imunisasi Aman? Info kesehatan anak dan balita

Di indonesia program imunisasi sudah digalakan pemerintah hingga menyeluruh di seluruh provinsi yang ada, namun walupun demikian masih banyak orang tua yang enggan meng-imunisasi anaknya.

Alasanya beragam, mulai dari tidak ada waktu, malas, anggapan imunisasi bahaya hingga merasa takut dengan imunisasi.

Sebenarnaya apakah  imunisasi itu aman bagi anak? Nah, dalam artikel kali ini kita akan menjawan keluhan anda, mengenai masalah imunisasi anak, untuk lebih jelasnya,  YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Apakah Imunisasi Aman?

Bagi anda yang selama ini ragu mengimunisasi anaknya, karna beranggapan imunisasi itu tidak aman? Apa benar? untuk mengetahuinya, ulasannya sebagai berikut :

Secara logis saja tidak mungkin pemerintah kita menggalakan program imunisasi apabilan tidak bermanfaat atau membahayakan kesehatan oleh karena itu imunisasi dikatagorikan aman.

Artikel terkait lainnya : 8 Tips menjaga kesehatan di musim hujan agar terhindari dari penyakit

Secara medis tidak ada satupun tindakan pengobatan yang aman – aman saja tentu selalu memiliki efek samping bagi tubuh, namun karna diberikan dan dilakukan dengan prosudur yang benar dengan para ahli propesional otomatis imunisasi yang digunakan juga aman.

Yang menjadi dasar amannya imunisasi yaitu tergantung dari bahan imunisasi tersebut, vaksin yang digunakan tentu telah melalui uji klinik yang sudah lama hingga puluhan tahun sebelum di edarkan, ketika pemerintah telah mengijinkan otomatis sudah diperiksa dan di uji keabsahannya. Jadi selama syarat tenaga medis benar dan vaksin yang digunakan benar maka imunisasi aman dong, 

Seperti yang telah dijelasnkan diatas bahwa tidak ada 100% pengobatan yang tampa efek samping teramsuk imunisasi pada anak.

Terkandang imunisasi  menimbulkan efek samping bagi sebagaian anak yang disebut dengan kejadian ikutan pasca imunisasi secara medis disebut dengan KIPI.
Namun anda tidak perlu khawati tentang hal ini karna gejal dari KIPI pasca imunisasi tidak akan menimbulkan efek yang berbahay selain itu juga akan hilang dalam beberapa jam atua hari kemudian.

Efek paling ringan biasanya hanya sekedar, nyeri pada area yang disuntik, bengkak disertai dengan kemerah –merahan. Efek yang paling sedang mengalami demam dalam waktu 1 hingga 2 hari saja, setelah itu kondisi bayi atua balita akan kembali normal.

Jadi  dapat di pastikan imunisasi aman apabila memuhi persyaratan yang telah di jelasnkan diatas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai bahayakan imunisasi itu? Secara medis imunisasi adalah investasi kesehatan masa depan, dengan demikian anda yang tidak melakukan imunisasi berarti membuang investasi kesehatan anak anda sendiri. Selain itu area dan jangkaun program imunisasi sudah terselenggarakan disetiap kampung sehingga tidak ada lagi batasan akses imunisasi dan juga gratis, ea :)

Semoga artikel yang singka ini memberikan motovasi dan inspirasi anda bahwa pentingya imunisasi bagi anak, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "Apakah Imunisasi Aman? Info kesehatan anak dan balita"