Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Makanan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan – program diet yang sehat

12 Makanan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan – program diet yang sehat - Bobot manusai selalau berubah-ubah beda halnya dengan tinggi badan yang tidak dapat di ubah alias permanen.

Berat badan seseorang dapat dikatagorkan 3 kelompok yaitu kurus – sedang- dan gendut. Bagi kaum hawa berat badan merupakan salah satu factor penujang fisik yang sangat diperhatikan, jika berat bada sudah meningkat dengan darastis maka rasa gelisahpun akan menyerang bagi wanita.

Jika ingin menurunkan berat badan, langkah yang dapat di tempuh banyak sekali, mulai dari pola hidup dan asupan yang di makan. Asupan porsi makanan harus sesuai dengan aktivitas kita agar lemak dan kalori yang dibakar.

Apa bisa makanan-makanan tertentu mengurangi berat badan ?
Ada beberapa makanan yang dapat membantu anda kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk ngemil tidak terlalu besar. Ada juga makanan yang dapat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga cukup membantu program penurunan berat badan yang sedang dilakukan.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang Turunkan Berat Badan Dengan 12 Makanan Ini, apa saja itu untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#12 Makanan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan – program diet yang sehat

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, makanan adalah sumber asupan untuk tubuh sehingga diproses menjadi sebuah engergi, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan bergenerasi sel.

Untuk manjaga kesehatan kita salah satunya yaitu dengan mengatur pola makan agar tetap seimbang dan terpenuhinya asupan nutrisi tubuh harian.

12 Makanan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan – program diet yang sehat
12 Makanan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan – program diet yang sehat 
Nah, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan, bagi anda yang lagi menjalankan program diet sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan berikut, apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 
#1. Buah Apel
Rasanya yang manis dan kadang-kadang asam dapa di jadikan cemilan yang sehat buat kamu yang sedang melaksanakan program diet.

Kenapa apel salah sat jenis makanan penurun berat badan?
Hal ini dikarenakan buah apel dapat memberikan efek yang mengnyangkan dalam waktu yang lama, dan cara memakan apel dengan terus mengunyah daging apel tentu hal ini dapat memberikan sinyal ke otak bahwa kita sedang memakan makanan dengan porsi yang besar
 
#2. Yougurt dan susu dengan lemak tinggi
Makanan penurun berat badan yang ke-2 adalah yougurt, Peneliti dari Harvard University yang melibatkan 120 ribu orang selama kurang lebih 10 tahun lebih, membuktikan bahwa dari berbagai jenis makanan, yogurt menjadi salah satu yang paling efektif dalam mengurangi berat badan.

Susu yang mengadung lemak tinggi mengandung lemak sehat dan kalsium yang berguna untuk nutrisi tubuh.

Menurut studi dari pakar kesehatan pada tahun 2012, mengkonsumi produk lemak yang tinggi dapat mengurangi bobot atau berat badan naik dengan sangat cepat.

Sedangkan Manfaat lain dari yougort adalah dapat mengurangi ukuran lingkaran pinggang anda.

Bagi kamu yang tidak menyukai yogurt, sekarang ini varian yougurt sudah banyak sekali, ada yang terbuat dari berbagai susu binatang dan nabati hingga dipadukan dengan  buah kesukaan anda.Jadi tidak ada alasan lagi buat kamu yang tidak suka yogurt.
 
#3. Kacang-kacangan
Sama halnya dengan apel kacang-kacangan juga dapat di gunakan pada saat kamu sedang lapar tetapi pada saat itu belum waktunya makan, kamu bisa menggunakan cemilan berbahan kacang-kacangan bisa segenggam almond, walnut, pecan (kacang keriting), dan kacang.

Artikel terkait lainnya : 13 Hal Yang Dapat Mengganggu Fungsi Ginjal, Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal Anda

Kacang di percaya dapat mengurangi rasa lapar ketika kita manyantap makanan utama
 
#4. Buah Grapefruit
Selaian buah apel, buah Grapefruit juga baik di konsumsi yang ingin menurukan berat badan.

Apa Manfaat dari buah Grapefruit?
  • Banyak sekali manfaat buah Grapefruit salah satunya di gunakan bagi cemilan untuk yang melaksanakan program diet
  • Baik untuk penderita diabetes
  • Dapat mengurangi obesitas, mengkonsumsi buah Grapefruit setiap hari dapat menguangi 1,35 Kg setiap 12mingu

#5. Sup
Sup adalah jenis makanan yang berkuah, ada yang berkuah kaldu dan ada juga yang bekuah kental. Sup dapat dijadikan salah satu pengganti makanan utama ketika waktu jam makan, hal ini dikarenakan makanan sup dapat memberikan efek rasa mengenyangkan pada tubuh sama halnya dengan makanan utama lainnya.

Jumlah asupan yang dianjurkan adalah 100 hingga 150 kalori per sajian. Jadi, usahakan untuk tidak menambahkan mentega atau krim.
 
#6. Biji-bijian
Makanan ke-6 penurun berat badan adalah biji-bijian, biji-bijian mengandung banyak serat tinggi, serat disini berfungsi untuk membuat makanan yang di cerna oleh tubuh menjadi lebih lama, hal ini tentu sangat berguna bagi yang menerapkan pola hidup diet, karna pada dasarnya diet yang aman itu adalah tetap mengkonsumi makanan tetapi dalam jumalah dan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Salah satu cara mengakali ketika perut benar-benar lapar adalah mengkonsumi makanan yang banyak mengandung serat

Salah satu biji-bijian yang banyak mengandung serat adalah buncis, rasanya yang lezat ketika ditumis dan kandungan proteinnya yang tinggi sangat bagus bagi yang ingin menurunkan berat barat.
 
#7. Sayur mayorSelain buah-buahan, sayur-manyur juga dapat dijadikan menu harian wajib bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Sayuran- mayor banyak sekali mengandung serat dan gizi lainnya, menurut penelitian dari Penn State menambahkan Zucchini (semacam labu kecil) dan puree kembang kol, peserta penelitian yang terlibat ternyata lebih menyukai makanan yang mereka santap. Akan tetapi, diketahui pula bahwa mereka makan 200 hingga 350 kalori lebih sedikit kalori.
 
#8.  Sosis dan telur
Sosis dan telur kaya akan protein yang tinggi, hal ini sangat berguna bagi yang ingin menurunkan berat badan

Manfaat protein bagi yang ingin kurus?

Mungkin kamu jarang sekali mengetahui manfaat dari protein bagi yang ingin menurunkan berat badan, manfaat yang dapat kita rasakan ketika mengkonsumi jenis makanan yang kaya akan protein dapat memicu kita akan merasa kenyang sebelum waktu jam makan, manfaat lain untuk mmperbaiki sel yang rusak pada tubuh, untuk kecerdasan.

Artikel terkait lainnya : Mandul akibat candida albicans, gejala keputihan pada wanita serta penyebabnya

Maka dari itu hindari makanan yang tidak mengandung protein bagi yang ingin menurunkan berat badan hal ini dikarenakan protein bertujuan untuk mengurangi rasa lapar yang berlebihan
 
#9. Dark Chocolate
Siapa sih yang gak kenal coklat? Hampir semua kalangan menyukainya, rasanya yang manis dan legit membuat semua orang menyukianya.

Menurut pakar kesehatan bahwa coklat dapat berfungsi untuk mengurangi rasa stress dan mengurangi berat badan khusus Dark Chocolate

sebuah penelitian yang menemukan bahwa orang-orang yang diberi dark chocolate diketahui makan pizza 15% lebih sedikit beberapa jam setelahnya, daripada mereka yang memilih cokelat susu.
 
#10. Daging
Sama halnya dengan sosis dan telur daging juga termasuk makanan yang mengdung protein, kandungan lain dari daging juga yaitu:
  • Lebih banyak omega 3 dan lebih sedikit omega 6
  • Lebih banyak mengandung vitamib A dan E serta glutathione
  • Mengadung CLA yang dapat merampingakan tubuh dan menguraingi lingkaran pinggang, hal ini dikarenakan kandungan CLA dapat membakar lemak.
Tapi untuk makanan jenis danging harus sesuai dengan keprluan saja karna tidak cocok bagi penderita penyakit jantung, jika di konsumsi secara berlebihan
 
#11. Ikan
Ikan termasuk jenis hewan bioata laut, ikan banyak mengandung omega 3dan yang lebih penting ikan banyak mengandung esensial yang bagus untuk otak dan jantung.

Dengan lancarnya aliran darah dalam tubuh akan membantu metabolism di dialam tubuh sehingga proses penururunan berat badan dapat berjalan secara maksimal
 
#12. Pisang
Salah satu lagi manfaat dari buah-buahan yang baik untuk menurunkan berat badan adalah pisang, pisang sangat bagus untuk anda yang aktif tetapi badan masih terlihat gemuk.

Dengan mengkonsumsi pisang energy pada tubuh tetap ada walaupun tidak menyantap makanan utama.
 
Referensi : via Health Kompas – dengan perubahan seperlunya
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 12 Makanan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan – program diet yang sehat
 
12 makanan di atas tidak akan berfungsi dengan baik jika tampa di iringi dengan olahraga dan istirahat yang cukup.

Olaraga berfungsi untuk membakar lemak di tubuh sedangkan istirahat yang cukup berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak ketika lemak di tubuh hilang dibakar pada saat berolahraga.

Kesehatan itu harus di iringin dengan kegiatan yang seimbang mulai pola hidup yang sehat dari segi pisikis dan mental hingga asupan makanan yang kita makan

Semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan informasi kesehatan buat anda agar dapat menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang, sampai jumpa lagi.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "12 Makanan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan – program diet yang sehat "