Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan ber MSG mengurangi kecerdasan anak, benarkah?

Makanan ber MSG mengurangi kecerdasan anak, benarkah? - Apa itu MSG? MSG adalah suatu senyawa atau zat yang sering ditambahkan dalam olahan makanan sebagai penyedap rasa.

Penggunaan MSG pada produk olahan sudah mejadi kebutuhan sebab zat MSG sangat mudah menyatu dengan komposisi rasa produk sehingga  tidak perlu menambahkan bumbu rahasia untuk menambah cita rasa makanan.

Namun dari fungsinya yang banyak, penggunaan MSG berlebihan juga menimbulkan efe baruk terutama bagi kecerdasaan anak.

Badan izin makanan tetap membolehkan senyawa MSG pada produk olahan karna masih tetap aman dikonsumsi selama dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.


Makanan ber MSG mengurangi kecerdasan anak, benarkah?
Makanan ber MSG mengurangi kecerdasan anak, benarkah?

Namun pada kenyataannya, benarkan jumlah takaran kita perhari  tidak melebihi dari yang diperbolehakah, serta apa dampaknya bagi kesehatan jika mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG secara berlebihan?

Nah, dalam artikel kali kita akan mengulas mengenai dampak MSG bagi sistem syaraf anak, yang katanya dapat mengurangi kecerdasan, benarkan? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Makanan ber MSG mengurangi kecerdasan anak, benarkah?

Setiap zat yang menjadi kontroversi selalu menjadi bahan perbincantan oleh para ahli pakar gizi, dan hal ini berlaku juga bagi MSG.

Saat ini telah banyak dilakukan penelitian dan pengujian mengenai MSG bagi tubuh,  setelah melalui riset yang banyak telah ditemukan bahwa Penggunaan MSG pada makan, apabila dalam jumlah takaran melebihi 12 gram perhari dapat menyebabakn berbagai masalah kesehatan diantaranya :
  • gangguan lambunggangguan tidur
  • rasa mual
  • memicu hipertensi
  • asma
  • kanker
  • serta penurunan kecerdasan


komplikasi  penyakit diatas akan terjadi ketika anda selalu  menggunakan bahan MSG sebagai bahan penyedap rasa makanan setiap hari.

Lantas bagaimanakah MSG dapat menyebabkan kerusakan secara perlahan pada sistem syaraf manusia sehingga dapat mengurangi kecerdasaan anak?
 
Penelitian menunjukkan bahwa MSG mampu merangsang sel – sel rasa pada lidah, sehingga makanan yang kita konsumsi akan terasa lebih lezat.

Namun demikian bukan hanya sel perasa lidah, namun juga sel syaraf otak, Ketika sel-sel saraf otak terekspos dengan bahan ini, sel-sel tersebut akan menjadi sangat terangsang sampai mencapai titik maksimumnya.

Yang efek terburuknya dapat menyebabakkan otak bekerja keras, lelah hingga mencapai pada titik kematian sel otak. Dalam dunia kedoteran masalah gangguan syaraf ini dikenal dengan sebutan eksitotoksin.

Penelitian ini penah dilakukan pada hewan, dengan memberikan tambahan pada makanannya dan campuran MSG yang berlebih, dan mengejutkan bayi-bayi hewan mengalami kerusakan sel syaraf secara perlahan – lahan. 

Untuk itu bagi ibu yang sedang hamil atau mengandung, hendaklah menghindari penggunaan bumbu masak berbahan MSG agar dapat mencatak anak yang memiliki kecerdasan dan IQ yang tinggi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan dampak MSG pada makanan. Indonesia kaya akan rempah – rempah dan bumbu – bumbu masak alami yang lebih sehat, penggunaan bumbu alami dapat menghasilkan rasa yang lebih natural tidak menimbulkan rangsangan otak berlebih dan yang lebih penting adalah tetap sehat.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai bahaya konsumsi MSG berlebih bagi kecerdasaan anak. Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Makanan ber MSG mengurangi kecerdasan anak, benarkah?"