Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Madu sebagai obat penyakit diare – Hadis Nabi muhammad.saw

Madu sebagai obat penyakit diare – Hadis Nabi muhammad.saw - Madu memang sudah telah dibuktikan sebagai obat yang paling mujarab untuk berbagai penyakit, sampai – sampai al-qur’an bercerita tentang manfaat dari madu itu sendiri.

Madu sebagai obat penyakit diare – Hadis Nabi muhammad.saw
Madu sebagai obat penyakit diare – Hadis Nabi muhammad.saw

Firman allah.swt di dalam Al-qur’an
“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah,”Buatlah sarang-sarang di bukit- bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,” Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan” (An Nahl :68,69)
Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas khasiat madu dalam pengobatan, salah satunya penyakit diare yang telah diutarakan oleh nabi muhammad.saw. bagaimanakah bunyi hadisnya, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

#Madu sebagai obat penyakit diare – Hadis Nabi muhammad.saw

“Ada seseorang menghadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata:
 
“Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya (dalam riwayat lainnya: sakit diare)”

Nabi berkata: “Minumkan ia madu”

Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya,

Nabi berkata: “Minumkan ia madu”

Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga,

Nabi tetap berkata: “Minumkan ia madu”

Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: “Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret)”

Nabi bersabda: “Allah Maha Benar dan perut saudaramu itu dusta” Minumkan lagi madu.’

Orang itu meminumkannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.” (HR. Al-Bukhari no. 5684 dan Muslim no. 5731)

Jadi Madu iyalah  obat yang sangat baik untuk kesehatan manusia dan memang benar dan pasti , akan tetapi perlu digaris bawahi  bahwa tidak boleh berlebihan  karna semua itu harus memiliki aturan dan takaran yang telah diteliti kebenarannya.

Artikel terkait lainnya : 7 Faktor penyebab kemandulan pada pria yang perlu anda ketahui

Seperti yang telah terurai didalam hadis diatas bahwa, ketika si fulan menderita sakit perut (diare) nabi muhammad. saw memerintahkan meminum madu, lalu sifulan datang lagi mengeluhkan sakit perutnya yang belum sembuh, lalu nabi muhammad. Saw memerintahkan lagi untuk meminum madu, dan akhirnya beberapa kali datang si fulan-pun sembuh.

Pemahaman tentang takaran dan dosis obat haruslah sesuai sebab ketika tubuh sudah bereaksi dengan madu, belum dapat diartikan semuh total, namun akan melalui tahap penyembuhan, hingga ketika dikonsumsi secara terus menerus, tubuh mendapatkan pemulihan yang sempurna.

Begitu juga dalam perumpaan berbagai Obat. Haruslah  sesuai dengan indikasi dan dosisnya, sesuai dengan umur, jenis makanan serta jenis daerahnya dan pula jenis rasnya serta keadaan orang tersebut. Dan ini adalah hal yang cukup lumrah dikalangan pakar ahli medis.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan manfaat madu sebagai obat ampuh penyakit diare, tapi perlu di ingat bukannya hanya diare saja madu juga dapat dijadikan obat dari berbagai penyakit, dan sangat baik dikonsumsi secara terus menerus dalam aktivitas harian anda.

Misalkan sebagai pengganti gula untuk membuat teh, sabagai selai, atau campuran minuman yang segar-segar. Khasiat madu memang telah dibuktikan secara ilmiah sebagai obat alami tebaik sepanjang masa.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai obat diare  dengan madu, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Madu sebagai obat penyakit diare – Hadis Nabi muhammad.saw"