Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat khitan bagi pria dari sisi kesehatan

Manfaat khitan bagi pria dari sisi kesehatan - Secara medis khitan dapat diartikan sebagai Sirkumsisi (circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari p@nis pada pria.

Agama islam menganjurkan bagi pria yang sudah baligh untuk melakukan khitan, hikmah yang bisa diambil yaitu menjaga kesucian serta temasuk dari ajaran syariat islam.

Setiap apa yang diperintahkan oleh allah.swt tentu akan memberikan dampak baik bagi manusia itu sendiri, jika ditinjau dari segi medis atau ilmu kesehatan, khitan sudah terbukti sebagai penangkal dari berbagai macam penyakit kelamin pada pria.

Banyak sekali jenis – jenis panyakit yang dapat dicegah hanya ketika seorang pria melakukan khitan. 

Sebab pria yang tidak di khitan akan mudah terjangkit berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pria, hal ini telah dibuktikan secara medis.

Nah, apa sajakah manfaat dari khitan dari sisi kesehatan? Dan penyakit apa yang dapat dicegah ketika seorang pria telah di khitan? Tampa penjelasan panjang lebar lagi, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Manfaat khitan bagi pria dari sisi kesehatan

Secara sekilas saya akan uraiakan kenapa khitan itu sangat baik terutama dalam segi kebersihan dan pencegahan penyakit?

Sebelum itu kita harus mengetahui dulu bagian dari yang akan dipotong pada saat khitan berlangsung, bagian itu bernama kulup p@nis (preputium), bagian ini merupakan kulit yang menutupi kepala p@nis atau glans.

nah didalam bagian preputium terdapat yang namanya kotoran atua istilah kedokteran bernama smegma.

Smegma adalah sekret dari kelenjar yang dapat mengeras, berupa butiran-butiran putih seperti kapur/lemak yang berkumpul antara mukosa dan kepala p@nis. Agar lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Manfaat khitan bagi pria dari sisi kesehatan
Manfaat khitan bagi pria dari sisi kesehatan

Nah, ketika smegma tidak dibersihkan pada bagian struktur p@nis, maka otomatis kotoran smegma akan selalu menumpuk dan mengalami pengkapuran terus menerus yang pada akhirnya menyebabkan iritasi, mudahnya bakteri bersarang, hingga kontaminasi virus berbahaya.

Menurut hasil penelitian medis lebih dalam, pria yang tidak berkhitan akan lebih mudah terserang dari penyakit – penyakit berikut ini, diantaranya :
 
#1. HIV/AIDS
Dari hasil riset menunjukkan pria yang berkhitan akan lebih rendah tertular virus HIV dua hingga ketiga kali lipat dari pada laki-laki yang tidak dikhitan.

Kita sudah tahu betul penyebaran virus HIV sangat rentan pada alat reproduksi manusia baik itu pria maupun wanita.
Hal ini dikarenakan tipe sel kulit pria khitan dan pria tidak ber-khitan memiliki perbedaan, sel kulit pria ber-khitan memiliki kekebalan yang baik untuk melawan virus HIV serta virus tidak mudah berkembang biak pada area bawah preputium yaitu di kepala p@nis atua glans.

Dengan sulitnya virus HIV masuk pada pria ber-khitan melalui alat kelamin, tentu saja hal ini dapat menekan penyakit AIDS pada pria.
 
#2. Kanker p@nis
Seperti yang telah dijelaskan pada uraian singkat diatas bahwa pria yang tidak ber-khitan akan mudah mengalami penumpukan kotoran (smegma) untuk itu pria yang tidak ber-khitan harus sering – sering bahwa wajib membersihkan smegma ini, terutama ketika habis buang air kecil.

Apabila smegma ini dibiarkan dan terus menumpuk hal inilah yang menyebakan iritasi pada kulit p@nis, iritasi yang berlangsung terus –menerus akan menjadi lebih kronis yang menular pada jaringan sturuktur p@nis yang berakhir pada kenker p@nis.

Bagi yang ber-khitan tentu saja penyakit ini jauh dari perikiraan sebab smegma tidak mungkin bisa menumpuk pada bagian glans dalam p@nis, serta mudah sekali untuk dibersihkan. Dengan di khitan akan menurunkan risiko kanker p@nis pada laki-laki.
 
#3. Kanker prostat
Kanker prostat adalah termasuk penyakit degenaratif yaitu penyakit yang sering dialami pria ketika sudah menginjak usia tua  >40 tahun keatas.

Penelitian baru di Fred Hutchinson Cancer Research Center menunjukkan bahwa pria yang ber-khitan memiliki resiko rendah terkena kanker protstat, khitan dapat menghambat infeksi dan peradangan yang dapat menyebabkan kasus keganasan ini.

Ketika khitan mampu menghambat kontaminasi bakteri pada p@nis, hal ini akan berdampak baik pada rendahnya tekena kanker prostat.
 
#4. Infeksi saluran kencing
Penelitian yang dilakukan Montreal Children’s Hospital, Canada, menyatakan bahwa khitan juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya infeksi saluran kandung kemih pada pria.

Semua penyebab dari infeksi pada saluran kencing berawal dari mudahnya bakteri bersarang pada bagian kulup p@nis karna masih belum di potong, hal ini sama dengan kasus smegma.

Dari hasil riset pada 400 orang anak laki – laki menunjukkan 25% resiko  terkena infeksi saluran kecing pada pria yang belum di-khitan, sedangkan untuk yang sudah di khitan hanya sekitar 6% saja.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan manfaat dari khitan bagi kesehatan alat reproduksi pria.

Mungkin selama ini masih banyak pria yang tidak ber-khitan, bisa jadi karna tidak mengetahui manfaat khitan itu sendiri dari sisi medis.

Namun setelah anda membaca artikel berikut, mungkin anda tidak akan berpikir dua kali, sebab kesehatan itu sangat mahal harganya, apalagi pada adik kecil anda. Hehe :). Agar lebih memahami tentang manfaat khitan dan apa saja keuntungan khitan bag pria, anda bisa langsung konsultasikan masalah ini pada dokter spesialis.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai manfaat khitan bagi pria. Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Manfaat khitan bagi pria dari sisi kesehatan"