Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan gaya hidup bersih dan sehat

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan gaya hidup bersih dan sehat - Jerawat muncul akibat peradangan kronik serta sumbatan kelenjar minyak pada kulit. Jerawat sering muncul pada usia remaja baik itu pria dan wanita, jerwat termasuk salah satu gangguan pada kulit wajah yang cukup membandel serta membuat penderitanya jadi minder apalagi bagi wanita.

Jika berbicara mengenai jerawat memang tidak akan habisnya, sampai –sampai produk mengusir jerawat menjadi trend yang cukup laris dipasaran.

Dengan tetap menjaga kebersihan wajah serta pola hidup, insyaallah jerawat pada wajah tidak akan mudah dantang dan mudah pergi.


Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan gaya hidup bersih dan sehat
Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan gaya hidup bersih dan sehat

Kamu bisa mengatasi dengan tepat dan tidak terlau berlebihan. Jangan sampai hanya urusan jerwat waktu dan tenaga anda hilang percuma. Agar hal itu tidak terjadi pada anda.....berikut ini, tips dapat anda terapkan yang lebih efektif mengatasi jerawat yang benar.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai Cara menghilangkan jerawat dengan pola dan gaya hidup sehat. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Apa sih penyebab jerawat itu?

Selama ini kita hanya tahu cara mengusir jerawat pada wajah, namun tidak pernah mencari sumber dari penyebab jerewat pada wajah. 

Penyebab jerawat tidak bisa di fokuskan oleh infeksi bakteri pada kulit atau karna faktor hormon minyak berlebih, namun penyebab dari masalah jerawat bervariasai  serta beragam tergantung kondisi tubuh penderita dan gaya hidup yang diterapkan, diantaranya :
  • Sumbatan kelenjar minyak pada kulit
  • Genetik
  • Ras
  • sinar ultraviolet
  • sinar matahari
  • debu dan kotoran
  • keringat
  • kelembaban udara
  • temperatur
  • psikis/kejiwaan
  • hormonal
  •  infeksi bakteri Corynebacterium acne
  • infeksi bakteri Staphylococcus albuset epidermidis
  • infeksi bakteri Pityrosporum ovale et orbiculare)
  • kulit berminyak berlebih
  • serta faktor makanan

kita sering mengeluh dengan kondisi wajah kita yang dipenuhi jerawat padahal sudah melakukan perawatan wajah serta menjaga kebersihan wajah. Et... tunggu dulu, jerawat tidak muncul karna membersihkan wajah saja, namun kondisi jiwa dan raga anda juga harus sehat seperti tidak stres atau faktor konsumsi makanan harian anda. Jadi tak heran memang jikalau Penyebab jerawat yang pasti belum diketahui secara umum karna bervariasi dan beragam.
 

#Bagaimana gejala – gejala munculnya jerawat?

Ketika kita mengetahui gejala – gejala jerawat, kita bisa ambil langkah perawatan yang tepat agar jerawat tidak semakin menahun atau menjadi jerawat batu.

Sebelum jerawat muncul pada wajah biasanya ditandai dengan kondisi perubahan pada kulit wajah diantaranya :
  • Ditandai awal jerawat yaitu bintik merah menonjol dan sakit pada wajah, selain pada wajah bintik merah juga bisa muncul pada bagian kulit kepala, leher, bahu, dada bagian atas, lengan bagian atas, dan punggung.
  • Jika warna jerawat hitam atau putih serta menonjol biasanya tidak terasa
  • Ketika kulit wajah dalam keadaan kotor dan tidak dibersihkan bisa menyebabkan jerawat awal terinfeksi bekteri maka jerawat bisa berubah menjadi bisul dan bernanah.

#Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan gaya hidup bersih dan sehat

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan penyebab dari jerawat serta gejala – gejala awal jerawat. Selama ini kita hanya berusaha menghilangkan jerawat pada wajah, tampa mencari solusi bagaimana agar jerawat tidak mudah muncul pada wajah anda.

Kita mengetahui jelas bahwa, walaupun jerawat bisa hilang pada wajah, akan tetapi tetap saja jerawat masih menimbulkan masalah pasa wajah seperti meninggalkan bentuk permukaan wajah menjadi tidak mulus lagi bahkan flek – flek hitam yang kecil. Lagi – lagi anda harus mengurus masalah ini dan tidak akan ada habisanya.

Untuk itu kita perlu merubah pola cara menghilangkan jerawat dengan cara mencegah datangnya jerawat, berkut ini beberapa tips ringan yang mudah anda terpkan agar terhindari dari jerawat, diantaranya :
 
#1. Menjaga kebersihan wajah
Hal yang paling dasar yaitu dengan tetap terus menjaga kebersihan wajah, cara sederhananya yaitu ketika kondisi wajah anda sedang dalam keadaan kotor atau terpapar debu dan kotoran dijalan, segeralah bersihkan dengan sabun wajah dan air bersih. 

Artikel terkait lainnya : 7 mitos terkait seputar penyakit mata

Bagi kulti yang berminyak selalu mengontrol kebersihan wajah dengan menjaga kelembabam kulit seperti sering mencuci muka, hal ini juga berlaku untu jenis kulit kering. 

Bagi yang sudah terlanjur berjerawat dalam penggunaan sabun pembersih wajah usahkan menghindari yang mengandung scrub  agar jerawat tidak terkoyak atau semakin parah karna pembersih wajah berbahan scrub sangat tajam, tapi tetap usahkan untuk menjaga kebersihan wajah.

Ketika kulit wajah sudah berjerawat usahakan ketika membersihkan jerawat tidak terlalu keras dan tekanan yang kuat, usaplah dengan lembut dan rasakan kulit anda.

Dalam penggunaan produk pembersih wajah, jangan biasakan gonta – ganti produk, bahan produk yang tidak nature dan selalu mengalami prubahan bisa memicu masalah pada kulit.

Ketika selesai membersihkan wajah usahakan menggunakan handuk yang steril agar wajah yang anda bersihkan tidak terkontaminasi lagi dengan debu atau kotoran dihanduk.
 
#2. Cuci tangan dan pastikan tangan dalam keadaan bersih ketika hendak memegang area wajah
Kebiasaan buruk kita selama ini sering sekali memegang wajah, mengorek – ngorek jerawat tampa alasan tampa meperhatikan kondisi kebersihan tangan anda.

Tangan yang kotor banyak membawa berbagai bakteri yang dapat memparah jerawat serta bagi yang belum berjerawat dapat memicu jerawat baru.
 
#3. Hindari paparan sinar matahari langsung lebih dari  8 jam perhari
Lapisan ozon yang semakin menipis, ditambah degan kondisi bumi yang makin panas menyebabkan pancaran sinar ultavioletnya semakin tinggi, sinar ultavioletnya langsung dapat menyebabkan kerusakan kulit, serta pemicu munculnya jerawat.

Bagi anda yang tidak memungkinkan menghindari paparan sinar matahari, mislakan berlibur kepantai, usahakan menggunakan tabir surya, hal ini bertujuan untuk memproteksi wajah dari paparan sinar matahari langsung.
 
#4. Hindari kebisaan buruk begadang
Ketika kulit anda bermasalah disebabkan jerawat, maka otomatis kulit wajah akan berusaha mengatasinya dan memperbaikinya, waktu malah hari adalah wakut dimana kulit akan beregenerasi dan menggantikan kulit yang rusak secara perlaha.

Kurang tidur di malam hari dapat menghambat penyembuhan jerawat serta dapat menimbulkan masalah baru pada wajah seperti kulit berminyak, kulit terlalu kering, ketidak seimbangan hormon, serta faktor kesehatan anda.
 
#5. Konsumsi sayur dan buah dalam asupan makanan harian anda
Kita tidak bisa memfokuskan kesehata wajah hanya tertuju pada kondisi kesehatan kulit dari luar, faktor kosumsi makanan harian anda juga mempengaruhi munculnya jerawat.

Banyak sekali jenis produk vitamin kulit yang dapat anda gunakan, namun lebih disarankan menggunakan produk yang alami seperti konsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan wajah, kandungan  vitamin dan mineral pada buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh.
 
#6. Konsumsi air putih  8 – 12 hari perhari
Air putih memang diperlukan tubuh, termasuk untuk kulit dan masalah jerawat, air putih berperan agar wajah tetap dalam keadaan netral tidak teralu kering atau terlalu beminyak.

Air putih juga berperan untuk menetralisir racun tubuh, biasanya jerawat yang banyak menandakan berupa sinyal dari dalam tubuh bahwa kondisi kesehatan dari dalam anda tergangu misalkan kurang konsumsi air putih (mineral).
 
#7. Olahraga rutin
Olahraga adalah cara menyeimbangkan kesehatan tubuh yang baik, selain menyimbangkan hormon, olahraga dapat memperlancar proses metabolisme tubuh, menjaga kebugaran tubuh serta menajaga sistem imun.

Kita selama hanya mengenal olahraga itu segala bentuk dan aktivitas yang melelahakan dan harus menguras keringat.

Padahal banyak jenis olahraga ringan yang baik untuk kecentikan, seperti yoga, senam ringat (irama) atau yang lagi populer sekarang ini adalah senam wajah.

#8. Jangan ganti – ganti produk perawatan wajah, serta hindari produk abal – abal
Dalam pemilihan produk kecantikan, sangat dianjurkan sekali harus berhati-hati, banyak sekali produk mengusir jerawat yang mengandung bahan berbahaya pada wajah, seperti merkuri dan timbal.

Pastikan anda harus memilah – milah produk yang cocok untuk kulit anda hindari, hindari produk yang menawarkan khasiat ektra misalkan memutihkan wajah dalam hitungan detik atua hal lainnya.
 
#9. Hindari pencet-memencet jerawat
Kebiasaan buruk yang harus dihindari bagi anda yang mengalami jerawat yaitu memencet jerawat.

Kebiasaan ini sering dianggap sepele, tetapi hal inilah yang menyebabkan jerawat semakin parah, serta menyebabkan infeksi menjalar pada bagian kulit yang lain, membuka jalan agar bakteri mudah masuk, serta minimbulkan peradangan pada kulit, serta menimbulkan  kerusakan permukaan kulit yang memicu bekas jerat yang besar.
 
#10. Hindari Stres
Semakin wajah berjerawat semakin kebanyak orang stres, padahal semakin anda stres semkin jerawat menjadi – jadi. Tampilan bukan segalanya, maka atasi jerawat dengan proporsi yang tepat dan jangan berlebihan maka anda tidak akan mudah stres.
 
#11. Kenapa tidak pergi ke dokter spesialis jerawat?
Ketika jerawat sudam membuat anda resah dan prustasi dan menganggu kepercayaan diri anda, kenapa tidak konsultasikan kesehatan wajah anda pada dokter spesialis wajah.

Dokter akan bisa memeriksa masalah kulit wajah anda, serta bisa memberikan dosis yang lebih tetap serta lebih manjur tampa harus mengeluakan banyak wakut dan produk yang hanya menyita tenaga dan pikiran anda.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai  Cara menghilangkan jerawat secara alami. Mudah dan simpel, dengan menerapkan 11 tips diatas, kamu tidak perlu takut lagi dengan jereawat, karna susungguhnya jerawat itu datang ketika gaya hidup sehat anda tidak kamu terapkan.

Banyak orang yang pusing dengan masalah jerawat, hingga melakukan hal ini dan itu, beli produk ini dan itu, tetapi apa hasilnya, tidak akan memberikan dampak yang pasti.

Namun ketika anda menghidel datangnya jerawat itu sendiri, permasalahan jerawat selamai ini, baik itu jerawat membandel, jerawat cinta, jerawat batu, jerawat berat, flek hitam , komedo tidak menjadi persolaan berarti.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai Cara menghilangkan jerawat secara alami, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan gaya hidup bersih dan sehat"