Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa

5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa - Kita perlu makan agar tetap sehat dan kuat, bayangkan jika manusia tidak dapat memenuhi asupan makanan tiap harinya, tentu tubuh akan lemas dan tidak betenaga.

Namun makan bukan hanya sekedar makan saja, pemilihan nutrisi serta kandungan gizi dari makanan haruslah lengakap dan komplek. Apalagi ketika anda sedang berpuasa, dimana tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi dang gizi pagi hari hingga terbenam matahari.

Pemilihan jenis zat  dan gizi harus disesuaikan agar asupan makanan dapat diserap tubuh secara maksimal sehingga kita dapat lebih kuat berpuasa esok harinya.

5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa
5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa

Sebenarnya 5 Zenis zat yang harus dipenuhi oleh tubuh hampir sama dengan hari-hari biasaya sebelum anda berpuasa. Namun dalam hal ini lebih ditekankan untuk wajib mengkonsumsi 5 cabang unsur gizi yang terdapat dari berbagai sumber makanan yang ada.

Takaran dan jumlah yang dimasukkan juga harus seimbang, karna kelebihan dan kekurangan dari 5 unsur zat berikut dapat menimbulkan masalah pada saat berpuasa.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan  mengupas lebih jauh mengenai 5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa. Apa saja itu, untuk lebih jelasnnya simak ulasan berikut ini.
 

#5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa

Selain untuk menambah keimanan kepada allah.swt, puasa juga ditinjau dari segi kesehatan juga memberikan dampak yang amat besar bagi kesehatan manusia.

Sistem kerja tubuh manusia ini seperti mesin dan robot, ada kalanya robot itu harus di berhentikan dan digunakan secara berkala. Penggunaan secara terus menerus tampa jeda, efek buruknya akan merusak komponen robot itu menjadi lebih cepat, seperti gir yang patah, mesin yang mudah panas dan sebagainya.

Dengan berpuasa maka otomatis tubuh akan berhenti bekerja sejenak dari 1 tahun yang telah berlalu.  Agar puasa yang kita makin tambah kuat dan segar, maka pemenuhan makanan inti haruslah stabil agar tubuh tetap dalam keadaan prima, pemenuhan zat gizi utama yang harus dipenuhi diantaranya sebagai berikut :
 
1. Karbohidrat
Karbohidrat adalah merupakan sumber tenaga utama, karbohidarat bisa berupa zat pati dan zat gula. Karbohidrat akan berfungsi memberikan tenaga pada saat anda berpuasa, agar tetap bisa menjalankan rutinitas seperti biasanya.

Kandungan karbohidrat banyak terdapat pada tumbuhan biji-bijian dan umbi-umbian, setiap 1 gram zat karbohidrat dapat menghasilkan 9 gram kalori energi.

Bagi masyarkat indonesia sumber karbohidrat utama adalah nasi (beras). Namun anda perlu mengingat juga bukan berarti karbohidrat adalah sumber energi tubuh lantas anda mengkonsumsi karbohidrat secara berlebih pada saat puasa.

Artikel terkait lainnya : Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan yang kurang sehat

Jika jumlah pasokan karbohidrat yang berlebih dapat memicu obesitas bagi anda pada saat berpuasa, dan menimbulkan rasa malas untuk bekerja, dan meningkatkan kandungan gula darah ditubuh.

Untuk itu konsumsilah zat karbohidrat secukupnya, dan lebih baik mengurangi konsumsi zat karbohidrat.
 
Fungsi utama zat karbohidrat adalah :
  • Sumber energi
  • Menjaga keseimbangan asam dan basa tubuh
  • Menyediakan bahan pembentukan protein dan lemak tubuh dalam proses metabolisme tubuh

2. Protein
Pada saat berpuasa banyak sekali sel-sel tubuh yang memerlukan pemulihan, protein dapat berfungsi mengatasi hal itu.

Protein adalah  salah satu unsur gizi yang terbagi atas 2 cabang yaitu protein hewani dan protein nabati dimana kedua jenis protein ini kaya akan asam amino.

Sumber pretein hewani adalah jenis protein yang berasal dari  hewan seperti  telur, daging, susu dan keju.

Sedangkan protein nabati adalah jenis protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan , seperti kedelai, tempe, tahu, susu soya dan lain sebagainya.
 
Fungsi utama  protein bagi tubuh :
  • Mambangun dan memperbaiki sel-sel taubuh yang rusak
  • Untuk menghasilkan energi dan tenaga tambahan bagi tubuh
  • Membentuk hormon dan enzim pada tubuh

3. Lemak
Lemak adalah merupakan bahan makanan yang mengandung energi   tinggi. Tapi perlu anda garis bawahi bahwa kandungan lemak pada makanan tidak boleh melebihi kadar yang diperbolehkan.

Kelebihan zat lemak dapat menimbulkan masalah pada tubuh seperti obesitas atau penyumbatan pembuluh darah.
 
Fungsi utama lemak bagi tubuh :
  • Melindungai tubuh dari suhu  rendah atau kedinginana
  • Melindungi organ –organ penting seperti mata, ginjal, dan jantung
  • Sumber energi dan tenaga
  • Melarutkan vitamin A, D, E, K

4. vitamin
Vitamin merupakan kandungan gizi yang perlu anda penuhi selama berpuasa, pemebuhan vitamin dapat anda peroleh dari mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari padaa saat sahur dan berbuka. 

Buah yang dianjurkan dikonsumsi pada saat berpuasa lebih ditekankan buah kurma. Ha l ini karna buah kurma sangat cocok dikonsumsi pertama ketika lambung masih dalam keadaan kosong.

Vitamin yang kita tahu terbahagi atas 2 bagian :
  • Vitamin yang larut dalam air : vitamin B dan C
  • Vitamin yang larut dalam lemak : vitamin A ,D ,E, K

5. Mineral dan Air
Minerel dan air pada intinya hampir sama karna kedunya berbentuk cair, jika diamati perbedaan kedua ini jauh dari yang kita bayangkan.

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh  secara umum dibagi menjadi dua, yaitu mineral  makro dan mineral mikro.

Pasokan air yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu sekita 2, 2-5 liter perharinya, hal ini karna 70% dari tumbuh manusia diliputi oleh air.
 
Fungsi utama air bagi tubuh :
  • Menjaga kelembapan organ tubuh
  • Menjaga getah bening
  • Menjaga suhu tubuh
  • Membuang racun
  • Serta mengatur sruktur dan fungsi kulit

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa.

Selama berpuasa kita tidak hanya menjaga diri dari segala aktivitas manakan dan minun namun juga melibatkan menjaga segala pikiran dan jiwa dari berbagai dosa.

Raihlah kemenangan dari apa yang kamu usahakan baik melawan dari dahaga dan lapar hingga menahan segala hawa nafsu dan perbuatan keji.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai 5 zat yang perlu anda penuhi selama berpuasa, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "5 Zat gizi pada makanan yang wajib dipenuhi tubuh tiap harinya agar tetap sehat dan kuat pada saat berpuasa"