Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perilaku buruk orang tua salah satu sebab bandelnya seorang anak

Perilaku buruk orang tua salah satu sebab bandelnya seorang anak - Sebagai orang tua siapa sih yang gak mau anaknya pintar dan baik, patuh pada orang tua serta memiliki keilmuan yang tinggi? Semua orang tentu mendambakan anak-anaknya sukses dan berhasil.

Beberapa upaya telah dilakukan dengan menyekolahkan anak ditempat yang bagus, mendidik dengan baik hingga memberikan tambahan belajar atua les. Namun apa yang diupayakan tidak sesuai diharapkan, anak hanya patuh  sebab terpaksa namun tidak pernah menuruti apa kehendak anda, anak menjadi sangat mebangkang dan pemalas?

Perilaku buruk orang tua salah satu sebab bandelnya seorang anak
Perilaku buruk orang tua salah satu sebab bandelnya seorang anak

Apakah hal ini salah didikannya? ataukan penyebab – penyebab lain yang membuat anak anda menjadi sangat bendel dan nakal tidak bisa diatur hingga sering menimbulkan masalah.

Apakah yang salah dengan dirinya? ataukah anda yang menjadi penyebab dari masalah ini?

Nah, dalam aritikel kali ini kita akan menggali lebih mendalam mengenai tema artikel kita hari ini yaitu Perilaku buruk orang tua salah satu sebab bandelnya seorang anak. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Salah satu hal yang sering dilupakan orang tua kenapa anaknya sulit diatur, pemalas, dan bandel

Pendididikan moral, keilmuan serta berbagai didikan akhlak merupakan dasar yang wajin dipenuhi orang tua kepada anaknya, agar anak – anak bisa menjadi orang yang bisa berpikir jenih, bisa membedakan mana yang benar serta memiliki akhlak yang baik.

Namun segala upaya telah dilakukan tapi apa daya, anak sangat sulit sekali diatur, membangkang dan bandel. Pepatah mengatakan bahwa
 
“Buah yang jatuh tidak akan jauh dari pohonnya”

Tabiat dan krekteristik orang tua sangat dekat dengan anaknya, baik itu krakteristik ayah dan ibu, sehingga apa yang menjadi kebiasaan anda akan menular pada anak anda.

Artikel terkait lainnya : Makanan ber MSG mengurangi kecerdasan anak, benarkah?

Memang tidak bisa dikaitan 100%, tapi percayalah sikaf buruk orang tua pada anaknya akan menular dan membut anak menjadi lebih bandel.

Saya pernah mendengar dari guru saya bahwa jalan kesuksesan hidup didunia ia hanya 2 cara, yang pertama dengan ilmu yang kedua dengan nasab yang baik, maksudnya dari kuturunan orang – orang baik.

Jika anda tidak memiliki nasab dari para ulama terdahulu setidaknya anda bisa mengambil jalur ilmu, yaitu dengan cara menuntut ilmu dengan guru yang baik agar dengan ilmu itu kita menyambung nasab keilmuan.

Anak yang bandel tidak bisa disalahkan 100% oleh si-anak, akan tetapi kita harus mengkoreksi diri kita sendiri apakah selama ini yang kita nafkahkan baik, ataukah dijalan yang tidak di ridhoi allah.swt

Harta yang didapat dari jalan yang tidak baik tentu akan membuat keluarga anda bermasalah yang pada akhirnya juga akan menular kepada anak anda.
Seperti anak sukar diatur, jika diperintah melawan, dan hal sebagainya.

Sekarang cara terbaik untuk mengatasi hal ini yaitu dengan bermuhasabah diri, dan merenungkan yang selama ini kita perbuat terhadap keluarga kita, apakah kita menjadi figur yang baik untuk anak ataukah hanya sekedar menyekolahkan ditempat mahal namun diri kita sendiri tidak  terbenahi. Keterkaitan hubungan sikat dan tingkah laku orang tua dan anak sangatlah tinggi.

Bahkan dijelaskan ketika seorang anak ketika remaja sering durhaka kepada orang tuanya, kelak anaknya-pun akan melakukan apa yang ia lakukan dahulu.
Semoga saja kita semua termasuk dari keluarga yang bisa menjaga keturunan kita, anak – anak kita dari fitnah dunia yang benar – benar nyata.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai kenapa anak sering bandel, padahal sudah diusahakan dengan pendidikan yang tinggi.

Akan tetapi jangan diaanggap anak yang bandel itu juga berkaitan dengan tingkah laku anda, sebab ada beberapa orang sholeh di uji didunia dengan krekteristik anak yang bandel dan sukar diatur. Akan tetapi pada asalnya bahwa jika seorang ayah sholeh maka Allah akan menjaga anak- anaknya.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai cara mendidik anak dari muhasabah diri, sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "Perilaku buruk orang tua salah satu sebab bandelnya seorang anak"

  1. pepatah yang sudah tidak asing lagi di telinga saya ya itu "buah jatuh tidak jatuh dari pohon nya" jadi prilaku anak tidak jauh dari prilaku orang tua itu sendiri

    BalasHapus