Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menghindari penyakit maag dengan benar

Tips menghindari penyakit maag dengan benar - Maag adalah salah satu penyakit yang bersarang dilambung akibat pengikisan dinding lambung oleh asam lambung itu sendiri karna kebiasaan tidak terkontrolnya jam makan yang baik.

Pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati, mencegah datangnya suatu penyakit lebih baik dari pada harus mengobati penyakit tersebut.

Maag memiliki tingkatan tersendiri, ada penyakit maag akut dan penyakit maag kronis, jenis penyakit kronis lebih sulit diobati karna biasaya terjadi terus menerus ketimbang maag akut yang hanya datang sekali – kali ketika kamu tidak kontrol makan-mu.

Tips menghindari penyakit maag dengan benar
Tips menghindari penyakit maag dengan benar

Agar supaya yang sudah mengalami penyakit maag atau yang belum dan berusahan menghindari dan menyembuhkan, sebaiknya anda harus mengambil langkah terbaik dalam pengobatan dan pencegahannya.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh  lagi mengenai Tips menghindari penyakit maag dengan benar. apa saja yang harus dilakukan baik yang sudah menderita penyakit maag atau belum, untuk lebih jelasnya? Simak ulasan berikut ini.

#7 Tips menghindari penyakit maag dengan benar

Kebiasaan kurang sehat selami ini terutama urusan makan menyebabkan faktor penting penyebab penyakit maag, karna maag sangat kental kaitannya dengan pola makan.

Agar penyakit maag tidak makin parah, atau yang sedang mengalami gejala – gejala maag sebaiknya dapat menjaga lambung anda dan mengambil langkah antisipasi tebaik dalam mengatasi hal ini, uraiannya sebagai berikut :
 
1. Tidak menunda-nunda waktu jam-nya makan
Kebiasaan buruk bagi penderita maag adalah waktu makan yang berantakan dan paling parahnya lagi suka menunda-nunda waktu jam makan anda.

Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis), apabila di dalam lambung kita tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri.

Artikel terkait lainnya : Fungsi hati (liver) terhadap tubuh manusia
Bayangkan jika asam lambung mengikis dinding – dinding lambung yang sangat rentan sekali, hal ini meyebabkan lambung lecet dan luka yang menyebabkan peneyakik maag.

Jika kebiasaan ini terus anda pertahanakan, tak heran memang jika penyakit maag yang biasa – biasa saja bisa menjadi tukang lambung.

Agar terhindari dari ini sebaiknya konsumsi makanan sesuai dengan jam dan waktu pada saat makan, baik itu sarapan, makan singa hingga makan sore/malam.
 
2. Jenis makanan harus diperhatikan
Selain dari waktu dan pola makany yang berantakan, jenis asupan dan berbagai macam makanan juga harus anda perhatikan terutama bagi yang sudah di diagnosis menderita penyakit maag.

Apa saja sih jenis makanan yang perlu anda kurangi konsumsinya atau bahkan tidak sama sekali bagi penderita maag, makanan dan minuman yang perlu anda hindari bagi penderita penyakit maag sebagai berikut :

  • Kurangi mengkonsumsi minuman seperti teh kopi atau soft drink (minuman bersoda)
  • minuman yang asam-kecut seperti asam cuka, jahe, jeruk
  • susu
  • sari buah sitrus,
  • makanan pedas yang banyak mengandung sambal dan merica
  • makanan yang banyak mengandung lemak seperti Coklat - kue tart – keju
  • makan yang tinggi akan kandungan santan seperti gulan, ovor dan rendang
  • makanan yang di goreng seperti gorengan

untuk jenis sayur dan buah yang perlu anda hindari  bagi penderita maag sebagai berikut :

  • buah nangka
  • pisang ambong
  • kedondong
  • sayur sawi
  • dan sayur kol
semua jenis mekanan diatas adalah jenis makan yang sulit dicerna oleh lambung serta juga dapat meningkatkan asam lambung berlebih.

Sedangkan jenis makanan yang paling baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag adalah tempe, cara pengolahannya lebih baik dikukus atau direbus agar menghindari penggorengan yang banyak menyerap minyak.

Menerut penelitian kandungan tempe sangat baik untuk penderita maag karna berfungsi sebagai anti peradangan untuk lambung anda.
 
3. Tidak konsumsi secara berlebih- atur frekuensyi masuk dan keluar
Ketika anda makan dan minum anda harus mengingat tentang takaran perut anda, jangan sampai anda bernafsu lebih untuk menyantap makanan.

Cara makan yang baik bagi penderita maag adalah dengan porsi yang sedikit namun sering ketimbang makan yang banyak dan kenyang namun gak makan lagi dengan jangka waktu yang panjang.

Agar makan mudah dicerna oleh lambung sebiknya juga mengkonsumsi jenis makanan yang tekstrunya lembut dan halus, seandainya makan itu keras dan kasar ada baiknya anda mengunyahnya hingga lumat terlebih dahulu sebelum dicerna ditelan dan cerna oleh lambung.

Intinya ketika anda menderita penyakit maag jumlah makanan yang dikonsumsi haruslah sewajarnya saja dan tidak berlebih –lebihan.
 
4. cukupi kebutuhan akan air putih
Kebutuhan akan air putih sangan dibutuhkan oleh tubuh, minimal 2 liter per hari, fungsi air putih sangat banyak didalam tubuh temasuk dalam menjaga kestabilan asam lambung.
Sering - seringlah minum air putih, karena dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman yang anda konsumsi.
 
5. Hindari R@kok
Sebagain dari kita mengetahui bahwa rokok lebih banyak menyerang organ vital seperti paru – paru dan jantung, namun tidak hanya itu saja seluruh organ tubuh tekena dampak dari kebiasaan merokok ini salah satunya lambung.

Ternyata kandungan zat berbahaya dalam rokok memiliki dampak  pada lambung yaitu memicu peradangan lambung.
 
6. Hindari Stress
Walaupun penyakit maag berhubungan dengan lambung, namun stres berlebih juga mempengaruhi penyakit maag anda, Stres dapat memperparah gejala maag.
 
7. Berpuasa
Secara medis puasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan, karna kita dapat mengontrol makanan yang masuk.

bagi penderita maag yang ringan, dapat menempuh pengobatan dengan berpuasa, mislkan dengan berpuasa senis kamis dan daun.

Namun bagi penderita maag berat, sebaiknya menghindari hal ini karna dapat memicu sakit maag menjadi terasa berat dan perih.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Tips menghindari penyakit maag. Penyakit maag tidak akan mudah menyerang seseorang yang memiliki kontrol dan pola makan yang teratur dan tidak berlebihan dalam menyantap makanan.

Semoga atikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai penyakit maag, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "Tips menghindari penyakit maag dengan benar"