Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perubahan umum pada masa kehamilan, calon ibu dan ayah wajib tahu?

Perubahan umum pada masa kehamilan, calon ibu dan ayah wajib tahu? - Ketika wanita mengalami kehamilan, maka tentu banyak sekali perubahan – perubahan yang akan dialami oleh ibu baik itu perubahan fisik hingga psikologisnya.

Secara umum fase kehamilan pada manusia dibagi menjadi 3 trimester, yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga, dimana tiap trimester terdiri dari 3 bulan.

Kehamilan pertama bagi ibu biasanya menimbulkan berbagai keluhan – keluhan yang kadang – kadang tidak tahu sebabnya apa? bisa itu perubahan sikap, perubahan dari tubuh, hingga masalah – masalah emosi dan kejiwaan yang labil, bagi calon ayah kadang – kadang merasa keropatan sendiri.


Perubahan umum pada masa kehamilan, calon ibu dan ayah wajib tahu?
Perubahan umum pada masa kehamilan, calon ibu dan ayah wajib tahu?

Inilah suka duka pada awal kehamilan buah hati yang pertama,  baik itu calon ibu hingga ayah, kondisi ini tentu hal yang wajar, karna ketika wanita hamil dari trimester pertama hingga ketiga maka, bayak sekali perubahan yang akan terjadi, anda akan mengetahui hal ini jika anda mengalaminya langsung.

Maka, ketika anda mengetahui hal ini baik itu calon ayah atau calon ibu, Kemudian muncullah pertanyaan :

apakah yang harus dilakukan pada kehamilan pertama ini? Solusi umum yang dapat dilakukan yaitu dengan beradaptasi terhadap perubahan yang ada serta banyak bertanya kepada dokter spesialis dan ibu anda sendiri tentang tips – tips mengatasi kehamilan pertama, anda tidak perlu malu bertanya karna hal ini adalah kehamilan pertama anda, dan itu wajar.

Salah satu cara yang diperlukan untuk menghadapi perubahan – perubahan yang dilakukan dengan banyak mencari informasi seputar perubahan – perubahan yang terjadi pada fase kehamilan.

Nah, tepat sekali dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai Perubahan umum pada masa kehamilan.  Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Perubahan umum pada masa kehamilan 1 – 9 bulan

Setiap orang memiliki tabiat dan kebiasaan-nya masing –masing yang tidak bisa disamakan  termasuk gejala atua perubahan sikat pada masa kehamilan.

Artikel terkait lainnya : 9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang perlu anda waspadai

Namun pada umumnya, perubahan yang terjadi memiliki kecendrungan yang sama, yang telah di riset dari berabagai pendapat, nah berikut beberapa perubahan pada masa kehamilan yang perlu anda ketahui agar kamu tidak merasa binggung ketika hal ini terjadi, uraiannya sebagai berikut :
 
#Trimester pertama (1 – 3 bulan kehamilan)
  • Dari awal mengetahui kehamilan pertama anda, yang terjadi adalah perubahan sikap jiwa anda yang merasa lebih bahagia
  • Berat badan anda akan naik, walaupun tidak secara signifikan yaitu antara 1 – 2,5 kg
  • Tidak terjadi perubahan warna kulit
  • Menginjak bulan pertama, gejala emosional dan kejiwaan anda mudah labih, sehingga bentuk masalah – masalah kecil bisa membuat anda mudah tersinggung
  • Anda juga akan mudah lelah dan lesu
  • Sering mengalami pusing secara mendadak
  • muntah (morning sickness)
  • serta di iringi perubahan bentuk ukuran payud@ra anda

INFO PENTING pada trimester pertama!
Pada masa trimester pertama yaitu 1 – 3 bulan, adalah masa – masa pertumbuhan cabang bayi yang paling penting, karna disinilah terbentuk organ – oragan penyusun tubuh yang paling vital seperti mata, jantung, hati serta otak.


Kesalahan  sedikit saja dapat menyebabkan masalah pada organ penting si cabang bayi yang dapat menyebabkan kecacatan permanen, pada masa awal pembentukan janin sangat rentan akan namanya bakteri dan virus serta jaringan plasenta bayi masih cukup lemah yang menghubungkan nutrisi makanan ibu dan janin.


Untuk itu, walupun trimester pertama merupakan awal pembentukan dari janin, namun dampak yang ditimbulkan cukup berarti, untuk itu kesehatan anda perlu anda jaga, baik makanan yang dikonsumsi hingga gaya hidup sehat.

Tips cara menghitung awal kehamilan anda dengan mudah?
mungkin anda kebinggungan kapan awal pertama anda mengandung, biasanya kehamilan seseorang dapat diketahui ketika menggunakan alat cek kehamilan, namun  tidak bisa menentukan kapan awal pertama si buah hati hadir dirahim anda.
  Caranya cukup mudah, pertama anda harus terlebih dahu awal masa haid terakhir anda, misalkan anda akan mengalami haid pada tanggal 6 – 10 agustus 2016, maka ketika anda tidak mendapati datang bulan pada tanggal 6, dan setelah dicek pada taggal 10 anda hamil, maka otomatis tanggal 6 tersebut adalah Usia kehamilan pertama anda.

#Trimester kedua (4 – 6 bulan kehamilan)
  • Berat badan anda akan naik kembali hingga 6 – 7 kg dari pada sebelumnya
  • Terjadi perubahan kulit mungkin muncul sebuah garis hitam di bawah bagian tengah perut
  • Emosi dan kejiwaan anda akan mulai tenang dari pada trimester pertama
  • Nafsu makan anda akan bertambah dan mulai meningkat
  • Fase (ngidam) keinginan ketika hamil yang harus diterututi akan meningkat drastis
  • puting susu mungkin mengeluarkan kolostrum yaitu cairan bening kekuning-kuningan
  • anda akan mudah sekali berkeringat

#Trimester ketiga (7 – 9 bulan kehamilan)
  • Setelah memasuki trimester terakhir, yaitu dari 7 – 9 bulan, maka bobot tubuh akan naik kembali sebanyak 5- 6 kg
  • kulit di sepanjang rongga perut akan terasa meregang
  • serta akan dirasakan sedikit gatal pada kulit yang merenggang
  • kondisi jiwa dan emosi pernuh energi dan semangat, berbeda dari trimester pertama dan kedua, disini emosional ibu lebih tenang namun di iringi energi yang kuat.
  • Perenggangan rongga perut dalam menyebabkan ruangan udara, dan organ menjadi tubuh menyempit sehingga kadang kala menyebabkan sesak nafas, dan Nyeri ulu hati
  • Gangguan pencernaan dan sembelit 
  • Pada trimester ke-3 biasanya ibu yang sedang mengandung akan mengalami kesulitan dalam bergerak, namun gerakan atau berjalan santai tetap harus anda lakukan semampunya, untuk menghindari dari masalah Kontraksi (kenceng- kenceng) palsu.
  • Gejala trimester akhir juga di iringi dengan sering sembelit, cara mengatasinya dengan konsumsi sayur dan buah yang tingg serat serta konsumsi air putih yang cukup.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Perubahan umum pada masa kehamilan.

Kenapa saya menyarankan agar para calon ayah mengetahui hal ini juga, agar calon ayah bisa mengetahui lebih dahulu pada istrinya, agar ketika kemudia hari mengalami hal ini, anda tidak merasa aneh dan keberatan apalagi ketika istri bertingkah yang membuat anda harus jungkak – jungkrik kesana kemari, hehe.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai perubahan sikap emosi dan fisik pada saat ibu hamil, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan menarik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Perubahan umum pada masa kehamilan, calon ibu dan ayah wajib tahu?"