Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat hormon peningkat kesuburan pada wanita

Obat  hormon peningkat kesuburan pada wanita - Memiliki buah hati adalah impian dari setiap pasangan yang sudah menikah, tampa buah hati keluarga kecil kadang – kadang akan terasa hambar.

Sekian lama menikah namun dalam beberapa keluarga kadang – kadang masih belum mempunyai sibuah hati yang ditunggu.

Kadang kala karna ketidak hadiran buah hati bisa menyebabkan suatu pasangan akan merasa gelisah dan retak, dan yang paling dipojokkan adalah seorang istri.

Sebagai suami yang baik tentu tidak akan melakukan hal itu, karna intinya kehidaran si buah hati adalah atas izin allah,swt yang belum memberikan nikmat dan anugrah kepadanya.

Obat  hormon peningkat kesuburan pada wanita
Obat  hormon peningkat kesuburan pada wanita

Untuk itu selagi masih memiliki kesehatan yang bak, tentu ikhitiar , do’a dan usaha harus dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kedokter spesialis, menerapkan gaya dan pola hidup sehat sebagai adab kita kepada allah, swt untuk memperoleh keturunan.

Secara umum tingkat kesuburan wanita dipengaruhi 2 faktor yaitu masalah infertilitas dan masalah psikologi.

Masalah infertilitas berhubungan erat dengan faktor kesehatan seseorang yang menyebabkan masalah pada kesuburan bagi itu pria dan wanita yang perlu ditangani secara medis.

Sedangkan masalah psikologis berhubungan dengan kejiwaan dan perasaan dari seseorang yang juga dapat mempengaruhi kesuburan.

Menyinggung dari masalah infertelitas, sangat erat kaitannya dengan hormon yang menjadi pendukung proses kehamilan, terganggu hormon pendukung kehamilan  tentunya menyebabkan terganggunya kesuburan juga.

Biasanya masalah hormon yang mempengaruhi kesuburan lebih berkaitan dengan wanita, karna sistem reproduksi wanita lebih sensitif dari pada pria.
Nah. Ketika hormon itu terganggu, tentu kita perlu melakukan penangan dengan bantuan medis, salah satunya dengan konsumsi Obat  hormon peningkat kesuburan pada wanita.

Dalam artikel kali ini kita akan membicarakan mengenai apa saja jenis obat yang menjadi penambah hormon kesuburan pada wanita? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Obat  hormon peningkat kesuburan

Sajian proses pengobatan gangguan kesuburan yaitu yang kita kenal dengan infertelitias sangat berkaitan dengan tindakan medis karna lebih efektif dan keilmuan.

Ada beberapa obat yang bisa di pergunakan untuk merangsang proses terbentuknya sel telur (ovulasi) sehingga kapan waktu terjadinya masa subur dapat diprediksi dan diperkirakan, obat hormon ini dikenal  oleh kalangan masyarakat dengan induksi ovulasi. 
 
Untuk lebih jelasnya tentang masih – masing obat hormon kesuburan, diantaranya sebagai berikut :
 
#1. Clomiphene citrate (Clomid)
Clomiphene citrate (Clomid) adalah jenis obat yang paling terkenal dalam mengatasi infertilitas pada wanita dan telah digunakan selama lebih dari 25 tahun.

Artikel terkait lainnya : Perubahan umum pada masa kehamilan, calon ibu dan ayah wajib tahu?

Obat ini berfungsi untuk melepaskan FSH dan LH lebih banyak yang bertujuan merangsang pertumbuhan folikel pada indung telur.  hal ini karena sifat dari Clomiphene citrate (Clomid) adalah jenis obat golongan antiestrogen.
Penggunaan clomid sering sekali digunakan sebagai obat mengatasi ketidak suburan wanita sebab lebih efektif dan murah.
 
#2. Progesteron
Obat jenis progesteron biasanya digunakan melalui suntikan intramuskular, atau melalui V@gina langsung. 

Fungsi dari obat  progesteron  berguna untuk perkembangan lapisan rahim pada fase luteal dan mempersiapkan endometrium untuk tempat menempelnya embrio.
 
#3. Bromocriptine (Parlodel)
kadar prolaktin dalam darah yang tinggi menyebabkan kasus ketidak suburan pada wanita sehingga perlu diturunkan.

Biasanya untuk menurunkan kadar prolaktin menggunakan obat Bromocriptine (Parlodel).

Dalam beberapa kasus kadar prolaktin hanya bisa meningkat pada ibu hamil atua menyusui, namun jika hal ini terjadi pada wanita yang belum mengandung dapat memicu terganggunaya siklus haid, hal ini yang menjadi dasar bahwa kadar prolaktin harus seimbang.
 
#4. Thyroid
Thyroid adalah salalah satu kelenjar dalam tubuh berfungsi agar  sel telur wanita bisa matang, kekurangan hormon Thyroid menyebabkan tidak terjadinya ovulasi.

Biasanya orang yang kekurangan thyroid akan menambahkannya dengan penggunaan suplemen Synthroid agar ovulasi bisa berjalan normal.
 
#5. Kortikosteroid
kelenjar adrenal sangat berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormon perempuan namun apabila kelebihan dapat menyebakan terjadinya perubahan hormon menjadi androgen.

Hormon androgen hampir mirip dengan hormon testoran pada laki – laki, jika hormonini berlebihan pada wanita dapat memicu terganggunya ovulasi.
 
#6. Gonadotropin dengan agonis GnRH
Gonadotropin secara langsung merangsang hormon hipofisis untuk melepaskan lebih banyak FSH dan LH. Hal ini merupakan rekombinan FSH (murni) atau yang mengandung  unsur kombinasi FSH dan LH (hMG).

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai  Obat  hormon peningkat kesuburan pada wanita.

Catatan penting buat anda ketika ingin menggunakan obat untuk mengatasi ketidak suburan (hormon yang terganggu) adalah setiap obat di atas tentu memiliki rincian efek samping bagi tubuh serta dalam jumlah takaran penggunaanya tentu harus sesuai dan yang mengetahui itu tentu dari pakarnya langsung misal dokter spesialis. 

Untuk itu jangan sekali-kali menggunakan obat tampa resep dokter yang berpengalaman agar hasilnya tidak salah dan hanya berdapampak buruk bagi kesehatan anda.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan anda mengenai obat hormon peningkat kesuburan wanita, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "Obat hormon peningkat kesuburan pada wanita"