Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi morning sicknes pada awal kehamilan

Cara mengatasi morning sicknes pada awal kehamilan - Awal masa kehamilan adalah masa yang sulit bagi ibu hamil, ditambah lagi ini merupakan kehamilan pertama anda, biasanya akan mengalami berbagai perubahan dari fisik dan sikap anda.

Salah satu gejala kehamilan yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah morning sicknes yang frekuensyinya mencapai 85% terjadi pada setiap ibu yang mengandung.

Apa sih morning sicknes itu? morning sicknes adalah gejala mual diserta dengan muntah – muntah yang dialami oleh ibu hamil pada fase awal kehamilan, yang gejalanya ringan sampai parah, dan akan lebih memburuk ketika dipagi hari sehingga disebut dengan MORNING (pagi) sicknes.


Cara mengatasi morning sicknes pada awal kehamilan
Cara mengatasi morning sicknes pada awal kehamilan

Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa morning sicknes akan terjadi setiap saat,  efek dari morning sicknes cukup berbahaya bagi ibu dan janin apabila disertai dengan muntah – muntah yang berkepanjangan, karna dapat mengakibatkan si ibu mengeluarkan banyak cairan dan makanan yang seharusnya dicerna untuk tubuh.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan mengupas mengenai cara mengobati dan penangan morning sicknes yang benar bagi ibu hamil. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Dampak dan gejala dari morning sicknes bagi ibu hamil

Mual dan muntah adalah hal yang wajar bagi ibu hamil selama dalam jumlah dan frekuensyi yang wajar, hal ini menandakan tubuh anda sedang beradaptasi dengan pertumbuhan janin awal.

morning sicknes adalah salah satu yang sering kenal, masalah morning sicknes terjadi pada usia trimester pertama yaitu antara 1 hingga 3 bulan dan akan berkurang pada trimester kedua dan ketiga.

Artikel terkait lainnya : 4 Zat berbahaya yang sering ditemukan dalam gorengan

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengetasi morning sicknes, terlebih dahulu kita perlu mengetahui, apa dampak morning sicknes bagi ibu hamil apabila berlebihan, uraiannya sebagai berikut :
  • Kondisi pertama yaitu perut akan mengalami kram karna terlalu banyak mengeluarkan cairan tubuh
  • Mengelami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh)
  • Air seni akan bervolume sedikit dengan warna kekuning – kuningan
  • Ketika anda berdiri atau berjalan akan terasa pening dan pusing
  • Mengalami penurunan berat badan yang drastis apabila terjadi secara terus menerus setiap hari
  • Berkurangnya nafsu makan dan sering mengalami lonjakan emosi

#Cara mengatasi morning sicknes pada awal kehamilan

Ketika anda mengalami morning sicknes dalam frekuensy yang rendah, kamu bisa melakukan beberapa pengobatan alami sebagai penetral dari rasa mual dan muntah – muntah.

Cara alami mengobati dari morning sicknes yaitu dengan konsumsi bubuk jahe dengan takaran 1 -1,5 gram yang dibagi dalam 3 seduhan dalam 24 jam. Minuman jehe di percaya lebih baik untuk mengurangi mual disertai muntah – muntah pada ibu hamil.

Dalam beberapa kasus ibu muda yang lemah kondisi fisiknya bisa memicu terjadinya hyperemesis gravidarum yaitu dimana mual dan muntah sudah dalam kondisi tidak bisa berhenti sepanjang hari.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih efetif.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai morning sicknes pada ibu hamil.

morning sicknes adalah gejal yang wajar bagi ibu hamil dan akan mengalaminya, namun hanya dapat dikatakan wajar apabila terjadi beberapa kali saja dalam sepekan, tidak tiap hari hingga 24 jam.

morning sicknes merupakan mual dan muntah yang berarti mengeluarkan cairan dari tubuh, hal inilah menyebabkan kenapa morning sicknes bisa membuat berbahaya sebab ibu akan kekurangan jumlah asupan makanan yang bisa merugikan janin anda.

Ketika mengalami morning sicknes usahakan untuk tetap menjaga pola makan dan konsumsi makanan sehat walaupun nafsu makan berkurang.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai morning sicknes pada awal kehamilan, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi morning sicknes pada awal kehamilan"