Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang perlu anda waspadai

9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang perlu anda waspadai - Mandul atau kemandulan difinisi dari  tidak bisanya seseorang yang sudah menikah atau sepasang suami istri memiliki keturunan, setelah melakukan ML, yang tidak dibatasi oleh proteksi penghambat kehamilan dengan masa dan frekuensya tertentu, namun minimal dalam jangka satu tahun.

Mandul atau infertil berbeda dengan infertelitas (mengalami proses ketidak suburan), mandul lebih signifikan dan menakutkan bagi suatu pasangan, sebab resiko dan efek memiliki keturunan jauh lebih kecil.

Namun bukan berarti kemandulan akhir dari segalanya, sebab allah.swt maha pengasih dan penyayang kepada hambanya, ia mengetahui hal yang lebih baik dari pada kita. Untuk itu kesabaran, do’a dan terus berusaha untuk berobat  adalah suatu adab kita kepada allah.swt yang maha berkehendak atas kekuasaanya.


9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang perlu anda waspadai
9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang perlu anda waspadai

Kembali ketopik perbincangan kita hari ini bahwa kemandulan merupakan suatu penyakit yang sangat serius sebab berpengeruhi terhadap kesehatan fisik dan sikis, untuk itu penanganan-nya-pun haruslah lebih serta harus saling mendukung dari kedua belah pihak baik itu istri maupun suami, dan tidak ada saling menyalahkan atau merasa bersalah.

Cara terbaik mengatasi kemandulan yaitu dengan cara mencari penyebab utamanya dan mengatasinya agar jalan permasalahan ini bisa di temukan.

Banyak orang yang menyerah karna istrinya mandul atau suaminya mandul, sehingga ia tidak pernah berusaha lagi untuk menyembuhkan penyakit ini, sebab anggapan dan info yang ia dapat bahwa kemandulan adalah akhir segalanya.

Coba anda perhatikan hadis berikut  ini dan resapilah :
"Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan telah menurunkan pula obatnya. Obat setiap penyakit itu diketahui oleh orang yang mengetahuinya dan tidak diketahui oleh orang yang tidak mengetahuinya."

Apakah sekarang anda akan menyerah? atau mencari terlebih dahulu penyebabnya? hingga bisa menentukan jenis penanganannya?

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas mengenai Penyebab Kemandulan Pada Wanita. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang perlu anda waspadai

Sebelum melakukan terapi pengobatan tentu diawali dulu dengan mengetahui berbagai penyebab dari kemandulan, bagi wanita yang sulit memiliki anak, bisa jadi kesembilan faktor ini yang menyebabkannya, diantaranya sebagai berikut :
 
#1. Faktor Hormonal
Dalam sistem reproduksi wanita, banyak sekali jenis hormon yang mengatur berbagai tingkat kesuburan seperti hormin lutein dan perangsang folikel dapat menghalangi terjadinya pelepasan sel telur dan juga hipotalamus yang menghambat ovulasi, dengan pertumbuhan hormon yang abnormal menyebabakan proses pembuahan selalu gagal.
 
#2. Menopause Dini
Sampai sekarang masalah Menopause Dini masih menjadi perbincangan hangat karna seluk beluk penyebabnya masih diragukan, ada yang berpendapat karna penyakit sistem imun, pengobatan radiasi (kemoterapi) serta kebiasaan merokok.

Artikel terkait lainnya : Cara pencegahan penyakit ringat selama ibadah haji

Secara medis Menopause Dini dikarenakan oleh penipisan folikel ovarium yang terlalu cepat sebelum memasuki usia umur 40 ketas.

Kita mengetahui bahwa Menopause akan terjadi pada waniti ketika berusia 40 ke atas yang ditandai dengan berhentinya siklus haid.

Bagi wanita muda yang sudah mengalami Menopause dini tentu suklus haidnya akan terganggu, padahal kita mengetahui terganggunya siklus haid terganggu pula proses kehamilan anda.
 
#3. Endometriosis
Secara medis Endometriosis adalah satu jaringan yang tumbuh pada area bagian dalam rahim.

Namun dalam beberapa kasus pertumbuhan abnormal Endometriosis menyebabkan terjadi pertubuhan jaringan Endometriosis  sampai pada area luar  rahim meliputi uterus.

Jika hal ini terjadi tentu efeknya dapat menyebabkan perlengketan pada sekitar saluran telur atau pada organ reproduksi wanita yang secara jelas tentu menjadi masalah penghambat kehamilan.
 
#4. Infeksi Organ Reproduksi
Infeksi bakteri atau kuman dapat memicu perubahan PH v@gina wanita, perubahan PH akan merujuk pada tingkat ke asaman  yang tinggi, hal inilah yang bisa menjadi pemicu mengapa sel sperma tidak bisa masuk ke indung telur karna sudah mengalami kerusakan dalam proses perjalanannya.
 
#5. Penyumbatan Tuba Falopi
Selain dari faktor ke-asaman v@gina, penyumbatan tuba falopi juga pemicu sel sperma tidak mampu membuahi indung telur, penyebab utamanya yaitu salphingitis.

Dan diperparah lagi Jika tuba falopi pada wanita mengalami kerusakan akan membentuk jaringan parut sehingga menggangu pergerakan sel telur sehingga menghambat pembuahan.
 
#6. PCOS
PCOS adalah singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome yaitu kelainan hormon androgen yang pertumbuhannya abnormal melebihi batasan untuk tubuh.

Kelebihan hormon androgen dipicu oleh berat badan berlebih (obesitas) dan resistensi insulin. 

Ketika hormon androgen tubuh dengan ganasnya, dapat memicu pertubuhan kista pada V@gina melunjak, serta tidak terjadinya ovulasi.
 
#7. Faktor Lingkungan
Jangan disangka lingkungan tidak berpengaruh pada alat reproduksi, sebab penyebab dari kerusakan organ reproduksi juga berawal dari lingkungan.

Lingkungan yang tercemar virus dan bakteri, lingkungan yang tinggi akan gas ananstesi, asap rokok, hingga bahan kimia dan pestisada dapat memicu timbulnya masalah pada tubuh yang siap menjalar pada organ intim wanita dalam.

#8. Gaya Hidup Tidak Sehat
Gaya dan pola hidup sehat bisa menjadi penyebab dari kemandulan wanita, wanita yang cendung konsumsi alk@hol dan perokok cendrung sulit memiliki anak.

Selain itu wanita yang tinggi akan tinggkat stres dapat mempengaruhi psikologis yang menyebabkan perkembangan hormon tubuh menjadi abnormal.
 
#9. Tumor dan Kanker yang Berhubungan Dengan Alat Reproduksi Wanita
Alat reproduksi wantia yang mengalami kanker atau tumor, seperti kanker rahim, kanker servic, dan lain sebagainya juga menjadi penyebab seseorang mengalami kemandulan atua terhambatnya peroses kehamilan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai penyebab utama dari kemandulan pada wanita.

Ketika anda mengalami masalah dengan proses memperoleh keturunan segeralah periksakan diri kepada dokter spesialis, untuk menekan kondisi semakin parah. Semakin dini penangan semakin besar kemungkinan untuk bisa disembuhkan. Dukungan dari anda dan pasangan anda merupakan langkah bersama menangani probelema keturunan.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai penyebab  utama kemandulan pada wanita, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "9 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang perlu anda waspadai"