Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips menjaga kesehatan di musim hujan agar terhindari dari penyakit

8 Tips menjaga kesehatan di musim hujan agar terhindari dari penyakit - Di indonesia hanya dikenal dengan dua musiam yaitu musim hujan dan musim kemarau (panas). Biasanya masyarakat indonesia lebih mengkhawatirkan musim hujan, karna faktor – faktor resiko terkena suatu penyakit lebih tinggi seperti flu, demam, diare, hingga DBD, infuenza, cacar dan sebagainya.

Beberapa penyakit biasanya akan meningkat ketika musim hujah hal ini di faktori dari kelembaban suhu udara serta lingkungan yang kadang kala selalu basah dan kotor sehingga penularan bakteri dan virus lebih tinggi.

Dalam kasus kesehatan di indonesia ketika musim hujan masalah yang sering dialami adalah penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti  yang sering sakali bersarang pada tempat genangan air baik itu di tanah atau didalam botol – botol plastik. Untuk itu tetap harus mengutakan 3M.

8 Tips menjaga kesehatan di musim hujan agar terhindari dari penyakit
8 Tips menjaga kesehatan di musim hujan agar terhindari dari penyakit

Agar terhindar dari berbagai jenis penyakit musiman, seperti pada saat musim hujan, tentu kita perlu mencegahan dini untuk memproteksi diri dari berbagai penyebab dari suatu penyakit.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai langkah – langkah menghindari penyakit pada musim hujan, apa saja yang harus dilakukan? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

8 Tips menjaga kesehatan di musim hujan

Hujan adalah anugrah dari allah.swt kepada kita, karna hujan merupakan rahmat, dengan air hujan tentu kita mendapatkan sumber air bersih untuk diminum dan digunakan dalam kepeluan memasak.

Namun karna ulah manusia yang tidak mencintai lingkungan sehingga hujan kadang  kala juga memberikan dampak bagi kita, misalkan banjir, tanah longsong, mudahnya perkembang  biakan wabah penyakit, dan masalah – masalah lainnya.

Oleh karena kita semua harus  menjaga kesehatan diri dan dan lingkungan agar meminimalisir risiko terkena penyakit di musim hujan. Tips sederhana yang dapat dilakukan  sebagai berikut :
 
#1. Sedia payung sebelum hujan
Usahakan ketika memasuki musim hujan tiba, anda sudah memiliki berbagai perlengkapan hujan, seperti jas hujan, sepatu hujah, payung, obat ringan untuk antisipasi penyakit pada musim hujah, minuman jahe dan sebagainya.


Sedia awal sebelum musim hujan tiba menandakan anda sudah sigap menghadapi musim hujan yang datang.
 
#2. Ketika anda kehujanan, segeralah bilas (mandi kembali dengan air dirumah)
Kadang – kadang kita sering mangabaikan tentang mandi setelah anda kehujanan, ketika anda mengalami ini segeralah mandi kembali di rumah tujuannya agar menstabilkan suhu tubuh anda yang melonjak turun ketika anda basah kuyub akibat hujan.

Sekilas hal ini tidak masuk akal, namun hal ini memang terbukti untuk menghindari penyakit  flu atau demam.

Selanjutnya ketika anda sudah selesai mandi usahakan untuk menyantap atau konsumsi minuman yang hangat seperti teh jehe atau secangkir teh manis hangat untuk mereleksasikan suhu tubuh anda.

#3. Olahraga tetap dilakukan
Cuaca hujan bukan berarti bisa menghambat rutinitas olahraga harian anda, jika anda tidak bisa melakukan olahraga outdoor, anda masih bisa melakukan olahraga indoor.

Olahraga yang digunakan dapat anda sesuaikan dengan keinginan anda seperti push up, sit up, skipping dan lain sebagainya.
 
#4. Menjaga kebersihan tangan
Menurut hasil penelitian bahwa berbagai jenis penyakit banyak masuk kedalam tubuh melalui tangan yang kotor yang sudah terkontaminasi dengan bekteri dan jamur dan akan lebih meningkat pada musim hujan karna kondisi tangan kita akan mudah sekali lembab.

Ketika hendak makan, setelah makan, setelah PUP, setelah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan tangan, usahakanlah cuci dengan air dan sabun permbersih tangan, cara ini cukup efektif menangkal penyakit pada musim hujah.
 
#5. Minum air yang cukup
Anggapan yang salah selam ini yaitu ketika musih hujan kita sering sekali tidak banyak minum air bahkan dalam satu harinya hanya sekitar 1 -2 gelas saja, hal ini didukung kondisi tubuh yang tidak haus.

Padahal secara kesehatan asupan air putih haruslah terpenuhi tiap harinya,  Minum air merupakan bentuk tidak langsung dari pencegahan untuk segala macam penyakit.
 
#6. Cukup istirahat
Baik itu di musim hujan atau kemarau, kekurangan tubuh tatap memiliki dampak untuk kesehatan yang dapat menurunkan stamina harian anda.

Tidur yang sehat harus mencukup sekitar 6 -  8 jam perhari agar tubuh bisa mencarger ulang agar Anda tetap fit dan dapat beraktifitas secara maksimal.
 
#7. Mengatur pola makan
Di musim hujan kita perlu menjaga imun tubuh serta vitalitas tubuh dengan tetap menjaga konsumsi makanan yang anda gunakan.

Musim hujan lebih dianjurkan konsumsi jenis makanan berkuah hangat seperti sup atau bubur sayur dan jangan tinggalkan buah.
 
#8. Selalu memakai pakaian kering
Usahakan selelu menggunakan pakaian kering dan tebal untuk menghindari suhu dingin yang menyengat.

Kendala yang kita alami biasanya pakaian mudah sekali basah namun sukar sekali  kering karna sinar matahari sangat jarang sekali muncul, namun anda harus mengusahakan agar pakaian yang di gunakan tetap kering.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara antisipasi musim hujan agar terhindari dari berbagai macam penyakit, dan sekarang kamu tidak perlu was-was lagi ketika memasuki musim hujan selama menerapkan tips – tips sederhana diatas.

Sekarang siapkah anda menghadapi musim hujan berikutnya, yang diperkirakan akan terjadi beberapa bulan lagi?

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai tips hadapi musim hujan agar terhidar dari penyakit musiman, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "8 Tips menjaga kesehatan di musim hujan agar terhindari dari penyakit"